Tuesday, November 10, 2015

[Cerita Relawan] Pahlawan masa kini

RumahlebahPAY, Jakarta - Selamat Hari Pahlawan! Ya, hari ini 10 November merupakan hari bersejarah bagi negeri kita tercinta, Indonesia. Hari Pahlawan diselenggarakan pada hari kelahiran pahlawan nasional atau peringatan peristiwa yang mengantarkan mereka menjadi pahlawan. Di Indonesia sendiri, 10 November dipilih sebagai hari bersejarah sebab pada saat itulah rakyat Indonesia bersatu padu untuk kali pertamanya setelah kemerdekaan, melawan kekuatan sekutu yang ingin kembali menjajah. Dipicu oleh orasi Bung Tomo yang menggugah disertai dorongan berjihad dan bersatu, terjadilah konflik terbesar di Surabaya. Tak sedikit pahlawan tak bernama yang meninggal dalam peristiwa itu.

Dari sana, saya berpikir bahwa sebaik-baik pahlawan adalah menjadi sebaik-baiknya diri kita.  Menjadi pahlawan di era ini bukan lagi dengan perang, atau jihad. Kepahlawanan adalah sebaik-baik diri kita untuk menjadi pribadi yang tetap peduli dan menjadi "problem solver" terhadap masalah sosial sekeliling kita. Menjadi pahlawan terkadang harus sunyi dari segala puji, namun tak harus jumawa ketika puja menggema. Maka, saya angkat topi dan salut pada para penggagas kebaikan yang bermanfaat bagi lingkungannya! Saya berharap para penggagas dan relawan di Rumah Lebah PAY ini pun mampu menjadi pahlawan bagi adik-adik dan masyarakat di sana.

Mari menjadi pahlawan dalam setiap episode orang-orang sekeliling kita. Walau tak tercatat manusia, setidaknya Tuhan akan mengingat.

*Musril Aslin

0 comments:

Post a Comment